Wednesday, December 31, 2008

Membuka Pintu Rizki

Kebanyakan orang mengatakan rezeki (kekayaan) adalah uang, penghasilan yang besar, bahan makanan yang makmur, rumah megah dan lain sebagainya. Akan tetapi ada beberapa pengertian lain yang berbeda mengenai rezeki.

Prof. Dr. M. Mutawalli Asy-Sya'rawi menyatakan bahwa "Rezeki adalah apa yang dapat dimanfaatkan oleh pemiliknya." Jadi rezeki itu adalah segala sesuatu yang dipakai, segala sesuatu yang dimakan dan segala sesuatu yang bisa dinikmati.

Suatu saat saya menonton OPRAH, kebetulan sedang di bagian mengenai kekayaan. Di situ ada seorang pembicara yang menyatakan bahwa kekayaan itu tidaklah hanya dilihat dari sisi finansial, tapi juga dari sisi spiritual, fisik, sosial, dan sisi intelektual. Kelima hal tersebut yang dinamakan sebagai kekayaan yang harmonis (harmonic wealth). Banyak orang kaya secara finansial tapi tetap merasa kosong, hal ini karena orang kaya tersebut hanya mendapatkan satu elemen saja dari lima elemen tersebut.






“..Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..” (Q.S. Ar-Ra’d: Ayat 11)

1 comments:

Anonymous said...

saya sependapat pa syamsul, bahwa rizki bukan dalam arti materi saja tapi juga non materi....