Wednesday, September 12, 2012

Membangun komunikasi dua arah dengan siswa menggunakan jejaring sosial


Suatu hari saya diberitahu kalau di Jepang, komunikasi antara guru dengan murid bisa berlangsung terus bahkan sampai sang guru pensiun pun masih tetap ada komunikasi tersebut. Entah berita itu benar atau salah, saya cukup terkesan dengan hal tersebut dan berpikir seandainya bisa seperti itu juga Indonesia, maka mungkin bangsa ini akan mencapai satu level yang lebih tinggi lagi.

Penerapan yang saya coba lakukan di era informasi ini adalah dengan menggunakan jejaring sosial seperti facebook. Selama satu tahun pelajaran, saya membuat sebuah secret group yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa-siswa saya di SMA YPHB Kota Bogor. Di group ini saya bisa posting pengumuman, dan bisa juga mendapatkan feedback dari siswa-siswa mengenai pembelajaran di kelas. Siswa pun tidak perlu mencari di papan pengumuman apakah nama mereka ada di situ atau tidak karena tentu saja bisa diakses lewat handphone saat ini.
root1011
Di group ini siswa bisa bebas bertanya apa saja mengenai kesulitan mereka, dan mengemukakan pendapatnya mengenai pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas. Group ini rahasia, jadi hanya yang berhak saja yang dapat ikut group ini. Untuk mekanisme kontrolnya, setiap kelas ada satu orang administrator untuk membantu guru dalam mengelola group.
Saya mendapatkan ide ini ketika berbincang dengan seorang senior saya, seorang dosen di Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Beliau bercerita mengenai pembuatan groups untuk berkomunikasi dengan mahasiswanya, dari situ muncul ide untuk membuat groups khusus dengan siswa-siswa saya. Pertimbangannya adalah facebook cukup populer di kalangan siswa saat ini, hampir semua siswa memiliki account ini, dengan menggunakan group privasi kita juga bisa tetap terjaga karena siswa tidak perlu menjadi facebook friend kita.
Meskipun facebook cukup bagus, tapi ada juga website jejaring sosial lain yang bisa digunakan untuk membantu pembelajaran, jejaring sosial yang dimaksud adalahwww.ning,com. Salah satu yang dirancang untuk mengubah belajar menjadi kolaborasi digital bisa dilihat di http://flatclassrooms.ning.com. Tara Seale membuatveronapages.ning,com untuk berpartisipasi dengan siswanya dalam pelajaran bahasa Inggris, meskipun veronapages sekarang sudah ditutup, tapi tentu saja kita bisa membuat yang baru untuk siswa-siswa kita.
ning
Informasi lebih lanjut mengenai jejaring sosial bisa ke:

0 comments: