Monday, November 19, 2012

Market Day

Beberapa tahun terakhir saya mengamati ada sebuah kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh beberapa sekolah di Indonesia, kegiatan tersebut adalah market day. Market Day merupakan suatu kegiatan di mana siswa-siswa dalam satu sekolah melakukan simulasi penjualan dan pembelian yang dilakukan dalam satu hari tersebut.

Spanduk Market Day SDIT At-Taufiq, 14 November 2012



Tanggal-tanggal yang biasa dimanfaatkan sekolah untuk menyelenggarakan market day adalah saat hari ulang tahun sekolah, hari kartini (21 April), hari ibu (22 Desember).

Tujuan "Market Day" di antaranya untuk:
  • mengajarkan matematika aplikatif dan membangun rasa percaya diri pada siswa.
  • mendidik anak-anak untuk memiliki jiwa wiraswasta dan juga jiwa kreatifitas dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Market Day TK Surya mentari, Solo
Market Day tidak sekedar kegiatan siswa membuka "kios" untuk berjualan, tapi juga ada kegiatan lain yang bisa menambah wawasan mengenai kewirahusahaan, misalnya Sekolah Alam Indonesia yang menghadirkan para pelaku usaha yang sudah terbukti berhasil mengembangkan bisnis mereka di antaranya Im Rusyamsi (Presiden TDA/Komunitas Bisnis Tangan Di Atas), Hikmar Kurnia (pengusaha penerbitan), Ahmad Sadat (pengusaha sapi impor), Sony Alfa (penulis buku Quantum Resign), serta Habibie Afsyah, pemuda difabel yang sukses dalam internet marketing sekaligus penulis buku “Kelemahanku adalah Kekuatanku”.

http://sekolahalamindonesia.files.wordpress.com/2010/05/sai-business1.jpg
Sakah satu bagian dari acara Market Day di Sekolah Alam Indonesia
Pada kegiatan Market Day di Sekolah Alam Indonesia, siswa-siswa dan orang tuanya pun diberikan gambaran mengelola suatu usaha agar dapat menghasikan keuntungan dan bermanfaat bagi orang banyak, yang salah satu kegiatannya berupa Bussines Forum dan Investor Forum.


Referensi:
http://lazuardihaura.blogspot.com/2011/04/kartini-day-cooking-with-family-market.html
http://forum.detik.com/mie-sayur-panggang-untuk-market-day-t130002.html
http://salmanalfarisi.web.id/index.php?option=com_content&view=article&id=103:mdpogung2012&catid=1:latest-news&Itemid=50
http://sekolahalamindonesia.wordpress.com/tag/market-day/
http://kedaikopi-pakongah.blogspot.com/2012/09/market-day-pembelajaran.html

0 comments: