Tuesday, December 18, 2012

Player Kill Lesson (part 1)

Ada banyak komik beladiri, namun saya baru bisa merekomendasikan komik Kenji, Karate Shoukoushi Kohinata Minorudan satu lagi adalah Player Kill (PK). Salah satu hal yang menarik dari komik-komik tersebut adalah ada penjelasan teknik berlatihnya. Pembahasan hari ini adalah mengenai Player Kill (PK), saya menulis part 1, karena mungkin nanti akan dilanjutkan lagi part berikutnya.


Pelajaran dari Player Kill:
Latihan pertama yang dilakukan Yong Gi (tokoh utama di PK) adalah teknik memukul. Prinsipnya seperti pada Jeet Kune Do. Bruce Lee pernah mempolulerkan apa yang disebut dengan one inch punch.

Latihan berikutnya adalah diet yang tepat. Seorang yang mempelajari beladiri menggunakan teknik diet yang tepat sehingga meminimalkan lemak yang tidak berguna dalam tubuhnya dan memperkuat otot yang diperlukan dalam beladiri. Hal ini juga biasa dilakukan oleh para atlet, terutama ketika dalam masa-masa bertanding. Saya diberitahu kalau atlet silat, saat masa pertandingan ataupun di training center, makanan yang dimakan adalah pisang, bukan nasi.

Pelajaran berikutnya adalah, penyerangan ke daerah persendian merupakan teknik yang efektif jika tujuannya untuk beladiri, namun akibatnya bisa fatal bagi lawan yang menerima serangannya. Oleh karena itu serangan pada persendian seringkali dilarang pada pertandingan beladiri sebagai olahraga.

Sekian dulu pembahasannya, sampai jumpa di artikel berikutnya. :)

0 comments: