Monday, February 28, 2011

Menggunakan Twitter untuk pembelajaran

Social networking site seperti Facebook dan Twitter bisa juga digunakan untuk kebutuhan pembelajaran. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan Twitter.

Keunggulan penggunaan Twitter:
  1. Untuk bisa melihat berita di Twitter, tidak perlu memiliki account Twitter.
  2. Mudah diakses dari berbagai handphone saat ini.
  3. Berita mudah diupdate. Misalnya berita tentang materi hari ini, tugas, dll.
  4. Tidak ada penafsiran informasi yang berbeda, karena sumber informasi langsung dari kita (pengampu mata  kuliah / mata pelajaran). Betapa banyaknya informasi salah tafsir ketika kita memberitahu tugas lewat ketua kelas, kemudian ketua kelas memberitahu teman-temannya.

Kelemahan penggunaan Twitter.
1.  Karena bersifat umum, jadi semua orang yang mau lihat, bisa saja mengintip.
Hal ini bisa diatasi dengan cara membuat kode tertentu yang hanya diketahui oleh peserta pelajaran kita. Misalnya untuk pelajaran matematika, kita bisa saja bikin account dengan nama root1011. Sangat kecil kemungkinan ada orang tak dikenal yang mengetahui atau membuka account tersebut.

2. Karena ada pembatasan karakter tulisan, jadi tidak bisa menulis banyak-banyak.
 Hal ini bisa diatasi dengan membuat blog yang berisi keterangan selengkapnya. Atau bisa juga dibuatkan link ke tempat penyimpanan file seperti di www.4shared.com

3. Twitter kadang-kadang mengalami overload, jadi kadang-kadang pula susah diakses.
Sepertinya ini sangat jarang sekali, masih bisa diandalkan.

4. Kadang-kadang siswa merasa malas melihat update informasi dari Twitter. Hal ini bisa diatasi dengan mewajibkan mereka untuk mengecek informasi secara berkala. Selain menguatkan pengalaman IT,  hal ini diharapkan juga memperkuat kedisiplinan dan konsistensi di kalangan siswa.


0 comments: