Thursday, February 24, 2011

The Next Important Thing in Business

Hal terpenting dalam bisnis adalah penawaran, begitulah kata-kata bijak dari Tung Desem Waringin. Kemudian apakah hal terpenting berikutnya?


Saya menemukan bahwa hal terpenting berikutnya adalah integritas. Ketika kita berjanji sesuatu kemudian kita menepatinya dengan tepat berarti integritas kita berada di tingkat yang baik.Misalnya, ketika kita berjanji akan mengantarkan produk tepat jam 07.00 pagi dan berhasil mengantarkannya jam 07.00 berarti tingkat integritasnya akan di titik yang baik. Salah satu hal yang membedakan antara pengusaha yang berhasil dan gagal adalah kemampuannya mempertahankan integritas. Jangan berjanji sesuatu yang tidak dapat kita tepati.

Sistem manajemen di Jepang menerapkan sesuatu yang disebut dengan ‘just in time’ , ketika pekerjaan di suatu lini produk selesai, produk tersebut langsung dibawa ke lini lainnya, just in time sebelum diproses di lini berikutnya tersebut. Setap lini tahu bagaimana pekerjaannya dan kapan harus melakukannya. Seorang supervisor di Astra bercerita bahwa di tempat perakitan Toyota sangat enak dilihat, ketika sesuatu berjalan tepat. Ketika ban berjalan dari satu lini ke lini berikutnya dan benda yang dibutuhkan datang tepat pada waktunya di tempat yang tepat.

0 comments: