Sunday, January 15, 2012

Menikmati pekerjaan. Kalau ngga menikmati, cobalah untuk ganti pekerjaan

Tadi pagi baca status salah seorang facebook friend yang menulis "menikmati hari libur yang hanya 24 jam". Jadi muncul pemikiran, apa dalam seminggu itu begitu menderita ya sampai hanya tersisa satu hari saja untuk libur.

Di bukunya Iphho Santosa, saya jadi tahu kalau Richard Branson (Pemilik Virgin Air) dan kesuksesannya adalah karena mengerjakan yang dia sukai. Saya membaca di beberapa buku, bahkan Bill Gates saja mengerjakan apa yang dia sukai, hingga membangun perusahaan sebesar Microsoft. Mengerjakan hal-hal yang kita sukai dengan serius adalah hal yang menyenangkan, membuat kita terus termotivasi untuk bangun lebih pagi dan tidur lebih larut untuk menyelesaikan pekerjaan.

Saya percaya setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Supaya tidak merasa menjadi "budak" yang "terpaksa" bekerja 6 hari seminggu sepertinya kita mesti mencoba untuk mengubah mind set dan kalau perlu ubahlah pekerjaan, lakukan apa yang kita suka secara serius. Cari bagaimana caranya hal-hal yang kita sukai itu bisa menghasilkan keuntungan finansial dan sosial.

Salah seorang motivator dalam salah satu sesinya pernah bilang tentang kegiatan mana yang penting dan tidak penting. Kegiatan yang penting adalah ketika dia memiliki tiga ciri sebagai berikut:
1. Kita suka mengerjakan itu
2. Kita dibayar karena mengerjakan itu
3. Kita bisa membantu orang karena mengerjakan itu.

Hidup adalah pilihan, pilihlah dengan bijak.

0 comments: